Sabtu, 29 September 2018

Jalani Saja

Mungkin pernah kita berada di satu keadaan yang tidak berpihak pada kita. Entah prosesnya disadari atau tidak, sampai kita mendapati diri berada dalam kenyataan yang tidak menguntungkan dan membuat kita tidak nyaman. Ya, ketika yang terjadi jauh di bawah yang kita harapkan. Sebagai makhluk rasional tentu kita akan memilih untuk meninggalkan atau keluar dari keadaan itu. Saya pun pernah mendengar bahkan setuju bahwa untuk suatu hal yang tidak bisa kau kendalikan maka sudahilah - tinggalkan saja. Logika yang benar jika kita memang masih bisa memilih untuk menjalani atau tidak.

Namun jika kita tak punya pilihan itu, jika keadaan memaksa kita untuk tetap berada di sana karena satu atau banyak hal dan kita merasa tidak berdaya untuk membalikkan keadaan, maka mungkin pilihannya bukan lagi tentang manjalani atau tidak, melainkan menjalaninya dengan baik atau dengan tidak baik. Dan saya selalu setuju dengan pilihan pertama.

Mungkin itulah saatnya berkompromi, saatnya mengalahkan ego, saatnya belajar  menerima, dan saatnya belajar ikhlas agar tatap damai dan baik-baik saja. Tidak mudah memang. Tapi untuk merasa baik-baik saja dengan ketidakikhlasan lebih tidak mudah jika kita tidak mau menyebutnya tidak mungkin. Jadi jalani saja! Atau belum cukup? Jalanilah dengan baik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar